SALAM ..

Wednesday, April 27, 2016

Bahaya Konsumsi Garam Berlebih?
3360 views
Saya sangat menyukai garam. Saya terbiasa memakan garam mentah2 (tidak di campur pada masakan). Apakah berbahaya mengingat saya dapat mengkonsumsi hingga 5 sendok makan lebih per hari? (perempuan, 20 thn,155 cm,38 Kg)

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Garam merupakan bahan perasa yang tidak pernah luput digunakan dalam setiap masakan. Sehingga konsumsi garam menjadi semakin sulit dikontrol, terutama apabila kita terbiasa mengonsumsi makanan di luar rumah seperti bakso, bakwan malang, bakmi, dsb.

Garam mengandung ion natrium yang akan langsung diserap oleh tubuh ke dalam pembuluh darah sehingga konsentrasi ion natrium di dalam darah akan meningkat. Ion natrium memiliki sifat menahan air yang dapat meningkatkan volume di dalam pembuluh darah dan secara otomatis akan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Seperti layaknya balon yang terus diisi oleh angin atau air, semakin banyaknya volume di dalam pembuluh darah, tekanan dalam pembuluh darah menjadi semakin besar hingga akhirnya pecah.

Konsumsi garam yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) adalah maksimal berkisar antara 5-6 g/hari atau 2000-2400 mg natrium (lebih kurang sekitar satu sendok teh). Sedangkan Anda dapat mengonsumsinya hingga 5 sendok makan atau lebih setiap harinya, belum ditambah dengan konsumsi garam yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi. Jumlah ini sangatlah berlebih.

Apabila dibiarkan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Tentunya tidak ada seorangpun yang ingin menjadi sakit, termasuk Anda. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengurangi asupan garam Anda secepatnya. Sebuah studi menemukan bahwa pengurangan konsumsi garam sebanyak 3 gram/hari (1200 mg natrium) dapat menurunkan angka kejadian penyakit jantung sebanyak 6%, serangan jantung sebanyak 8%, dan kematian karena penyakit jantung sebanyak 3%.

Selain mengurangi konsumsi garam, juga perlu diimbangi dengan konsumsi bahan makanan sumber kalium. Tidak seperti ion natrium, ion kalium memiliki cara kerja yang berlawanan dengan cara kerja ion natrium. Ion kalium dapat menurunkan volume pembuluh darah dengan menarik cairan dari ekstraseluler (pembuluh darah) ke intraseluler yang otomatis akan menurunkan tekanan darah. Sumber kalium yang baik antara lain adalah buah-buahan, seperti pisang, jeruk, dsb yang dikonsumsi secara alami.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.(SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 sumber klikdokter.com

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts